Opportunity cost game: sarana pembelajaran etika bisnis dan profesi

  • Abdul Universitas Brawijaya
  • Khansa Universitas Brawijaya
  • Maria Universitas Brawijaya
Keywords: Disruption, Accountant, Game-based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menawarkan solusi pendekatan pembelajaran berbasis permainan sebagai alternatif untuk mengembangkan minat belajar kognitif dan meningkatkan motivasi mahasiswa mata kuliah etika bisnis dan profesi. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan persebaran angket yang dilakukan kepada mahasiswa akuntansi Universitas Brawijaya. Hasil penelitian menawarkan konsep pembelajaran Opportunity Cost Game yaitu sarana pembelajaran etika bisnis dan profesi untuk menyiapkan akuntan yang berintegritas dalam menghadapi transformasi peran akuntan pada Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Kata Kunci : Disrupsi, Akuntan, Game-Based Learning, Etika Bisnis dan Profesi.

Author Biographies

Abdul, Universitas Brawijaya

Attended Accounting Bachelor Program in Accounting Departemen of Brawijaya University

Khansa, Universitas Brawijaya

Attended Accounting Bachelor Program in Accounting Departemen of Brawijaya University

Maria, Universitas Brawijaya

Attended Accounting Bachelor Program in Accounting Departemen of Brawijaya University

References

Firmansyah, N., & Mulawarman, A. (2020). Menembah Gusti sebagai Basis Adab Menuntut Ilmu. Jurnal Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 2(2), 50–75. Retrieved from https://www.journal.rumahpeneleh.or.id/index.php/oh/article/view/adab

Miles, M. B., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). USA: SAGE Publication. Retrieved from http://www.theculturelab.umd.edu/uploads/1/4/2/2/14225661/miles-huberman-saldana-designing-matrix-and-network-displays.pdf

Mulawarman, A., & Ludigdo, U. (2010). Metamorfosis Kesadaran Etis Holistik Mahasiswa Akuntansi Implementasi Pembelajaran Etika Bisnis dan Profesi Berbasis Integrasi IESQ. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 1(3), 421–436. Retrieved from https://jamal.ub.ac.id/index.php/jamal/article/view/113

Rantelino, R., Anastasia, N., & Memarista, G. (2015). Prediksi Kebangkrutan Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 1998-2013. Jurnal Manajemen Keuangan Petra, 3(1), 96–101. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-keuangan/article/view/2973

Vusić, D., Bernik, A., & Geček, R. (2018). Instructional Design in Game Based Learning and Applications Used in Educational Systems. Technical Journal, 1(2), 11–17. Retrieved from https://hrcak.srce.hr/file/290084

Published
2023-12-30
How to Cite
Wijaya, A. A., Nailah, K., & Florenta, M. (2023). Opportunity cost game: sarana pembelajaran etika bisnis dan profesi. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 5(2), 110 - 117. https://doi.org/10.34199/oh.v5i2.143