Implementasi etika bisnis : benarkah csr hanya untuk mendongkrak citra perusahaan belaka ?

  • Devi Ayu Saraswati
  • Siska Dahlia Sihombing Brawijaya University
  • Grace Tamara Pretty Putri Fajar Brawijaya University
Keywords: Adab; Etika; Bisnis; Pertanggungjawaban Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang wujud etika bisnis melalui CSR, mengkaji implementasi CSR di perusahaan, dan menganalisis hubungan kausal antara keberhasilan dan kegagalan CSR terhadap citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan pendekatan keterkaitan berupa hubungan sebab akibat antar variabel. CSR memiliki pengaruh yang besar terhadap citra perusahaan  dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Hubungan antara kontribusi perusahaan dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya dengan citra baik yang akan dimiliki perusahaan adalah proporsional. Artinya, semakin baik implementasi CSR, semakin positif citra perusahaan serta menjadi efek lingkaran emas bagi perusahaan dan pemangku kepentingannya.

Kata Kunci : Adab, Etika, Bisnis, dan Pertanggungjawaban Sosial.

References

Briando. (2020), Etika Profetik Bagi Pengelola Keuangan Negara, Penerbit Peneleh, Anggota IKAPI, hal 3.

Jurana. (2020). Ethical Behavior of Accounting Undergraduate Students: Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, and Locus of Control, 595-588. https://125945218.pdf

Mulawarman dan Ludigdo. (2010). Metamorfosis Kesadaran Etis Holistik Mahasiswa Akuntansi Implementasi Pembelajaran Etika Bisnis dan Profesi berbasis Integrasi IESQ, hal 1-22. https://mulawarman%20ludigdo%202010.pdf

Solihin, I. (2009). Corporate Social Responsibility: from Charity to Sustainability, Salemba Empat, Jakarta, hal 16.

Sugiono, A. R. (2019). Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Implementasi Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis Di Indonesia. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61177372/ Corporate_Social_Responsibility_sebagai_penerapan_etika_bisnis_di_Indonesia20191110-40223-xxkfol-with-cover-page-v2.pdf

Riswayanti, S., Helmi, Mahdi. (2019). Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit Dalam Pengembangan Masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Studi Kasus : PT Sago Nauli di Desa Sinunukan, Kec.Sinunukan, Kab. Mandailing Natal, Sumatera Utara). Journal of Socio Economic on Tropical Agriculture, 10-19(8), 8–10. http://joseta.faperta.unand.ac.id /index.php/joseta/article/down load/141/21

Published
2023-12-30
How to Cite
Devi Ayu Saraswati, Sihombing, S. D., & Fajar, G. T. P. P. (2023). Implementasi etika bisnis : benarkah csr hanya untuk mendongkrak citra perusahaan belaka ?. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 5(2), 99 - 109. https://doi.org/10.34199/oh.v5i2.151