Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film rentang kisah dan relevansinya terhadap pendidikan agama islam

  • Raras Rahcmatul Husna UIN Sunan Kalijaga
  • Zulkipli Lessy Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Film Rentang Kisah, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter pada
film Rentang Kisah dan relevansinya terhadap pendidikan agama Islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan
kualitatif dan teori semiotika. Data diambil dari dokumentasi dan dianalisis
menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
sembilan nilai pendidikan karakter, yaitu religius, kerja keras, demokratis,
peduli sosial, berani mengambil resiko, bersahabat/komunikatif, tanggung
jawab, rasa ingin tahu dan pantang menyerah. Kesembilan nilai tersebut juga
memiliki relevansi dengan tiga aspek utama dalam ajaran pendidikan agama
Islam. Film Rentang Kisah dapat digunakan sebagai referensi dalam
pembelajaran karakter dan Pendidikan Agama Islam di era modern.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Film
Rentang Kisah.

References

Andriyani, D. (2016). Motivasi Berpikir Menurut Al-Quran. INTIZAR, 59.

Astuti, E. W., Afifah, N., & Rouzi, K. S. (2021). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter dalam Film

Doraemon Serta. Jurnal of Indonesian Elementary School and Education, 9.

Bahri, A. N. (2018). PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PADA LINGKUNGAN

KERJA DALAM. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 129.

Basir, A. (2022). Urgensi Pendidikan bagi Kaum Perempuan dalam Kerangka Nilai Pendidikan

Islam: I’tiqadiyah, Khuluqiyyah dan Amaliyah. An Nisa', 74.

Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Effendi, O. U. (1996). Ilmu Komunikasi: Teori Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT.

Rosdakrya.

Fitri, S. R., & Tantowie, T. A. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Quran Surah

Al-An'am Ayat 151-153 dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam (Studi Analisis terhadap Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili). Tarbiyah

al-Aulad, 93.

Hawassy, A. (2020). Kajian Akhlak dalam Bingkai Aswaja. Jakarta: PT Naraya Elaborium

Optima.

Marimba, A. (1981). Pengantar Filsafat Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Al Ma'arif.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhidin, Makky, M., & Erihadiana, M. (2022). Moderasi dalam Pendidikan Islam dan

Perspektif Pendidikan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal,

Mujahid, A. (2019). Makna Sinkronik-Diakronik Kata ‘Usr dan Yusrdalam Surat Al-Insyirāh.

RELIGIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 110.

Mujahid, A. (2019). Makna Sinkronik-Diakronik Kata ‘Usr dan Yusrdalam Surat Al-Insyirāh.

RELIGIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 111.

Mujahid, A. (2019). Makna Sinkronik-Diakronik Kata ‘Usr dan Yusrdalam Surat Al-Insyirāh.

RELIGIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 111.

Mujib, A., & Muzakir, J. ( 2006). lmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Musa, A. M. (2014). Membumikan Islam Nusantara: Respons Islam Terhadap Isu - Isu Aktual.

Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Mustari, M. (2011). Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nugroho, B. T., & Mstaidah. (2017). Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam

Pemberdayaan Masyarakat pada PNPM Mandiri,. Jurnal Penelitian, 76.

Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan Golden Age dalam Perspektif Pendidikan Islam.

TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 101.

Putri, R., Murtono, & Ulya, H. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan

Ipin. Jurnal Educatio, 1253.

Rahman, M. (2017). DEMOKRASI DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN BARAT DAN

ISLAM(KAJIAN TENTANG NILAI-NILAI DEMOKRASI DAN

IMPLEMENTASINYA DALAM KONTEKSPENDIDIKAN INDONESIA). Cendekia:

Jurnal Keislaman, 16.

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajar

(Perspektif Psikologi Barat Dan Psikologi Islam). Al-Murabbi, 38-39.

Santosa, S., & Alfatoni, A. H. (2022 ). Telaah Kewirausahaan dalam Perspektif Islam.

ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 221.

Shihab, M. Q. (2002). TAFSIR AL-MISHBAH: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol. 3.

Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2002). TAFSIR AL-MISHBAH: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol. 5.

Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2002). TAFSIR AL-MISHBAH: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol. 6.

Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2005). TAFSIR AL-MISHBAH: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol. 9.

Jakarta: Lentera Hati.

Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, W. (2012). Pendidikan Karakter dalam metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif,.

Surabaya: Erlangga Group.

Sutarman, M. (2018). Kedudukan Doa Dalam Islam. Al-Karimah: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan

Ekonomi Syariah, 82.

Umami, I. U., & Sobri, M. (2022). Nilai-Nilai Kerja Keras (Kreatif, Rajin, Ulet, Teliti, Tekun,

Komitmen, Disiplin dan Berilmu) dan Cinta Tanah Air Dalam Islam. EL-HIKAM:

Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 111.

Wahyuni, F., & Ayu, R. K. (2022). Peluang dan Tantangan Hukum Pidana Islam dalam

Pembaharuan Hukum Pidana di Indonesia. De Jure Critical Laws, 69.

Wibowo, E. N. (2018). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Film Kung fu Panda Terhdap

Pendidikan Agama Islam. Rausan Fikr, 132.

Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press.

Published
2023-06-14
How to Cite
Raras Rahcmatul Husna, & Zulkipli Lessy. (2023). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film rentang kisah dan relevansinya terhadap pendidikan agama islam. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 5(1), 8-26. https://doi.org/10.34199/oh.v5i1.164