Dinamika penyesuaian diri anak tunagrahita dalam pembelajaran kurikulum merdeka

  • Ari Dharma Mukti Mulyono Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nur Kholis Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Penyesuaian diri, Pendidikan, Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Anak Tunagrahita

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Blitar dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses penyesuaian diri anak tunagrahita untuk menghadapi fenomena yang terjadi di lapangan, seperti perubahan sistem pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus seperti fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran penyesuaian diri anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Blitar dalam pembelajaran menggunakan sistem kurikulum merdeka saat ini cenderung cukup baik dari segi aspek kematangan intelektual, kematangan sosial, kematangan emosional dan sikap tanggung jawab. Selain itu banyak faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Blitar baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Kata Kunci : Pendidikan, Penyesuaian Diri, Anak Tunagrahita dan Pembelajaran Kurikulum  Merdeka

References

Ade Lisa Amalia. (2016). PENYESUAIAN DIRI SISWA TUNAGRAHITA DI SMP N 2 BUKITINGGI. Skripsi.Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bukittinggiinstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, 1–90.

Darmadi hamid. (2014). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL TEORI KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASI. Alfabeta.

Desmita. (2009). PSIKOLOGI PERKEMABANGAN PESERTA DIDIK. PT RemajaRosdakarya.

Eka Ramiati & Yuli Tria Andrini. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM PENYESUAIAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA PGRI GETENG BANYUWANGI. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islaman Hukum Islam,XVII. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjMhIrFtp_AhUGwTgGHdGlAb4QFnoECAsQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.iaiibrahimy.ac.id%2Findex.php%2Farrisalah%2Farticle%2Fdownload%2F988%2F652&usg=AOvVaw3G-pVhkh2SbsCtw7pg2_N3

Fitri, N. L. (2017). PENGARUH PENYESUAIAN DIRI DAN PENYESUAIAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA. Jurnal Riset Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta, 3(8), 454–464. http://journals.students.uny.ac.id/ojd/index.php/fopbk/article/download/8445/8004

Gunarsa, S. D. (2004). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA. Gunung Mulia.

Hasim, E. (2020). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.

Kemdikbud. (2022). SIARAN PERS : IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TETAP BERJALAN SESUAI RENCANA. Kemendikbud : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/siaran-pers-implementasi-kurikulum-merdeka-tetap-berjalan-sesuai-rencana#

Khairunnisa, K., Somad, P., & Sunardi. (2019). PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SEKOLAH DASAR DEWI SARTIKA KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif pada Peserta didik Tunarungu di Sekolah Reguler). Jassi Anakku, 20(1), 68–73. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/22716

Maulinda, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Merta sari, N. komang lina, Widiratini, N. K., & Anggendari, M. D. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EMBROIDERY BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.23887/jppkk.v13i1.43939

Moleong lexy j. (2015). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Rosda karya.

Muhammad. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN BINA DIRI MENGANCING BAJU PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG MELALUI MODEL BANTAL BERKASING LENGAN PENDEK KELAS VI C DI SLB NEGERI 1 BARRU. Universitas Negeri Makassar, 14.

Muhsinin, & Rahmaniar, R. (2021). PERAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN DALAM PENYESUAIAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB NEGERI BARABAI. Caring Nursing Journal, Vol. 5 No.(1), 19–23. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/700/435

Mumpurniarti. (2007). PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK HAMBATAN MENTAL. Kanwa Publisher.

NI’MATUZ ZAHROH. (2019). PERAN GURU KELAS TERHADAP PENYESUAIN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH INKLUSI SDN MULYOREJO 1 MALANG. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.

Nuryani, -. (2020). DAMPAK KESULITAN MENYESUAIKAN DIRI PADA SANTRI. G-COUNS: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 4(1), 174–179. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.469

Prof.Dr. Sugiono. (2010). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta CV.

Raco, J. (2018). METODE PENELITIAN KUALITATIF: JENIS, KARAKTERISTIK DAN KEUNGGULANNYA. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rahimah. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMP NEGERI 10 KOTA TEBINGTINGGI DALAM MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI, 6(1), 92–106. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/12537/5670

Safithry, E. A. (2018). ASESMEN TEKNIK TES DAN NON TES. CV IRDH. https://www.google.com/books?hl=en&lr=&id=EcbODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&ots=iNWphtK6jT&sig=Yn0x4NGHIJyIIA_SfVWPOKbU7GI

Saputra, W. (2021). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNA GRAHITA (DISABILITAS INTELEKTUAL) DI SEKOLAH LUAR BIASA PANGKAL PINANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 82.

Schneiders, A. (1964). PERSONAL ADJUSTMENT AND MENTAL HEALTH. New York, Hoolt, Rinehart and Winston.

Smet.B. (1994). PSIKOLOGI KESEHATAN. Grasindo.

Sugiyono. (2015). MEMAHAMI PENELITIAN KUALITATIF. Alfabeta.

Published
2023-12-30
How to Cite
Mulyono, A. D. M., & Kholis, N. (2023). Dinamika penyesuaian diri anak tunagrahita dalam pembelajaran kurikulum merdeka. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 5(2), 71 - 86. https://doi.org/10.34199/oh.v5i2.165