Etika sebagai kompas menuju tujuan bisnis yang bermoral lebih dari sekadar laba
Abstract
Abstrak
Dalam era global, usaha tidak hanya berfokus pada laba atau keuntungan, tetapi juga harus memperhatikan nilai-nilai etika dan moral. Etika hadir tidak hanya sebagai aturan hukum yang harus ditaati oleh sebuah perusahaan, tetapi juga membantu perusahaan untuk memperhatikan dampak bisnis mereka terhadap masyarakat dan lingkungan sehingga hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa etika dan moral dalam suatu usaha memberikan manfaat bagi pihak yang terlibat, termasuk pelanggan, karyawan, masyarakat dan lingkungan. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis bagaimana penerapan etika dan moral dalam sebuah UMKM berpengaruh terhadap laba perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menjelaskan mengenai peran etika dan moral terhadap tujuan sebuah usaha yang bermoral, bukan hanya pada laba semata. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai UMKM Belasan. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan etika dan moral pada suatu usaha tidak mengurangi laba perusahaan, melainkan dapat meningkatkan laba serta membantu perusahaan mencapai tujuan yang bermoral seperti berbagi kepada masyarakat sekitar.
Kata Kunci : Tujuan Usaha, Etika, Moral, Laba Perusahaan, Usaha
References
Alkahfi, M. A., & Nawawi, Z. M. (2022). Peran Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis di Era Globalisasi. ManBiz: Journal of Management and Business, 1(2), 75-88.
Aviatri, P., & Nilasari, A. P. (2021). Analisis penerapan etika bisnis terhadap kelangsungan usaha perusahaan dagang. ACCOUNTHINK: Journal of Accounting and Finance, 6(02).
Bertens, K. (1975). Sejarah filsafat Yunani: dari Thales ke Aristoteles. Penerbit Kanisius.
Mayasari, R., & Bachtiar, E. (2022). APAKAH AKUNTANSI DAN ETIKA MEMBUAT TUJUAN PERUSAHAAN MENJADI LEBIH MULIA?. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 13(3), 432-447.
Riky, M., & Ramadhan, M. R. (2023). Pentingnya Etika Agama Dalam Manajemen Bisnis Modern. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(4), 567-575.
Rozhania, Z. N., Nawawi, K., & Gustiawati, S. (2022). Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Pemasaran Busana Muslim Studi pada Almeera Moslem Store Bogor. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 129-140.
Satyawan, I. K. A., Nopiari, N. P., Wiratama, I. G. N. P., & Agustina, P. A. A. (2022). Peranan Etika dan tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 75-82.
Sitio, N., & Umaroh, N. (2024). Penerapan Prinsip-prinsip Etika Bisnis pada UMKM di Kecamatan Pangandaran. Lentera Pengabdian, 2(01), 35-40.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tanjung, H. & Devi, A. (2018). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Bekasi : Gramata Publishing
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif
Wilkie, Williem L, (1994), Consumer Behavior, 3rd ed. John Wiley & Sons, Inc
Copyright (c) 2024 Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.