Etika sebagai kompas menuju tujuan bisnis yang bermoral lebih dari sekadar laba

  • Renny Septiyana Universitas Brawijaya
  • Marieta Nuranisa Arif Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
  • Mahira Hulwaliya Dieza Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
  • Eredita Natazia Depari Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
  • Ulrica Cinta Nur Maulida Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
Keywords: Tujuan Usaha, Etika, Moral, Laba Perusahaan, Usaha

Abstract

Abstrak

Dalam era global, usaha tidak hanya berfokus pada laba atau keuntungan, tetapi juga harus memperhatikan nilai-nilai etika dan moral. Etika hadir tidak hanya sebagai aturan hukum yang harus ditaati oleh sebuah perusahaan, tetapi juga membantu perusahaan untuk memperhatikan dampak bisnis mereka terhadap masyarakat dan lingkungan sehingga hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa etika dan moral dalam suatu usaha memberikan manfaat bagi pihak yang terlibat, termasuk pelanggan, karyawan, masyarakat dan lingkungan. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis bagaimana penerapan etika dan moral dalam sebuah UMKM berpengaruh terhadap laba perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menjelaskan mengenai peran etika dan moral terhadap tujuan sebuah usaha yang bermoral, bukan hanya pada laba semata. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai UMKM Belasan. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan etika dan moral pada suatu usaha tidak mengurangi laba perusahaan, melainkan dapat meningkatkan laba serta membantu perusahaan mencapai tujuan yang bermoral seperti berbagi kepada masyarakat sekitar.

 

Kata Kunci : Tujuan Usaha, Etika, Moral, Laba Perusahaan, Usaha

References

Alkahfi, M. A., & Nawawi, Z. M. (2022). Peran Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis di Era Globalisasi. ManBiz: Journal of Management and Business, 1(2), 75-88.

Aviatri, P., & Nilasari, A. P. (2021). Analisis penerapan etika bisnis terhadap kelangsungan usaha perusahaan dagang. ACCOUNTHINK: Journal of Accounting and Finance, 6(02).

Bertens, K. (1975). Sejarah filsafat Yunani: dari Thales ke Aristoteles. Penerbit Kanisius.

Mayasari, R., & Bachtiar, E. (2022). APAKAH AKUNTANSI DAN ETIKA MEMBUAT TUJUAN PERUSAHAAN MENJADI LEBIH MULIA?. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 13(3), 432-447.

Riky, M., & Ramadhan, M. R. (2023). Pentingnya Etika Agama Dalam Manajemen Bisnis Modern. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(4), 567-575.

Rozhania, Z. N., Nawawi, K., & Gustiawati, S. (2022). Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Pemasaran Busana Muslim Studi pada Almeera Moslem Store Bogor. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 129-140.

Satyawan, I. K. A., Nopiari, N. P., Wiratama, I. G. N. P., & Agustina, P. A. A. (2022). Peranan Etika dan tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 75-82.

Sitio, N., & Umaroh, N. (2024). Penerapan Prinsip-prinsip Etika Bisnis pada UMKM di Kecamatan Pangandaran. Lentera Pengabdian, 2(01), 35-40.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tanjung, H. & Devi, A. (2018). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Bekasi : Gramata Publishing

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif

Wilkie, Williem L, (1994), Consumer Behavior, 3rd ed. John Wiley & Sons, Inc

Published
2024-06-29
How to Cite
Septiyana, R., Nuranisa Arif, M., Hulwaliya Dieza, M., Natazia Depari, E., & Cinta Nur Maulida, U. (2024). Etika sebagai kompas menuju tujuan bisnis yang bermoral lebih dari sekadar laba. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 6(1), 19-26. https://doi.org/10.34199/oh.v6i1.187