Pengetahuan sebagai alat kuasa penundukan santri
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap relasi antara pengetahuan dan kuasa yang ada pondok pesantren. Pengetahuan yang dimaksud ini dilacak dengan cara mengidentifikasi berbagai macam media. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bagaimana motif kuasa yang dimiliki pesantren atas diri santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian genealogi dan metode penelitian kualitatif. Pendekatan geneologi yang digunakan merujuk dari gagasan Michel Foucault. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya metode-metode kuasa yang dimiliki pesantren dalam rangka penundukan santri. Metode tersebut di antaranya adalah penjara santri, sanksi sosial, sanksi dikeluarkan dari pesantren, dan lainnya, yang bertujuan untuk menciptakan tubuh santri yang self-regulated.
Abstract
This study aims to uncover the relationship between knowledge and power in Islamic boarding schools. This knowledge is tracked by identifying various media. In addition, this study also reveals how the motive power of the pesantren on the students themselves. This study uses a genealogical research approach and qualitative research methods. The geneology approach used refers to the ideas of Michel Foucault. The results of this study are the discovery of the methods of power possessed by pesantren in the submission of santri. These methods include santri jails, social sanctions, sanctions issued from pesantren, and others, which aim to create a self-regulated body of santri.
References
Faiz, M. F. (2015). Mbah Kiai Syafa’at; Bapak Patriot dan Al-Ghazalinya Tanah Jawa. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Foucault, M. (2012). Arkeologi Pengetahuan. Jokjakarta: IRCiSoD
Foucault, M. (1976). Ingin tahu Sejarah Seksualitas. Jakarta: Penerbit Obor Indonesia.
Foucault, M. (1972). The Archeology of Knowledge & The Discourse on Language. New York: Pantheon.
Haryatmoko. (2002). Kekuasaan Melahirkan Anti Kekuasaan. Basis, 51(1-2), 8-21.
Indrianingsih. (2015). Internalisasi Disiplin dalam Penggunaan Internet di Kalangan Pelajar Indonesia: Sebuah Kajian Filosifis Pemikiran Michel Foucault. Retrieved November 25, 2015, from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131808674/Internalisasi%20Disiplin.pdf.
Syahputra, I. Post Media Literacy; Menyaksikan Kuasa Media Bersama Michel Foucault. ASPIKOM, 1(1), 1-124.