Urgensi inovasi pembelajaran pada mata pelajaran sejarah
Abstract
The aim of this research is to understand the importance of innovation in history learning. This research uses the library research method. The research results show that innovation in history learning is clearly important to carry out because it has many benefits.
References
Almahbubi, M. I. M. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Quranic Science Boarding School Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Siliwangi.
Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa MAN Model Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 160-174.
Astuti, A. D., & Suryadi, A. (2020). Pemanfaatan Museum Ranggawarsita sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa SMA Negeri di Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 9-21. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Fauzi, A. (2019). Inovasi Pembelajaran Aktif Melalui Penggunaan Strategi Reading Guide dan Mind Mapping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 131-145.
Ginting, D., Luqman, A. S., & Syahfitri, D. (2024). Pengaruh Media Komik dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Swasta Darul Arafah Pangkalan Brandan. JMI: JURNAL MILLIA ISLAMIA, 2(2), 312-321. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JMI
Muis, A., Napitu, U., & Saragih, H. (2023). Pembelajaran Pelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Journal on Education, 5(4), 13484-13497. http://jonedu.org/index.php/joe
Nilawati, H. (2013). Belajar Sejarah? Ah Membosankan. Retrieved May 24, 2024, from https://news.republika.co.id/berita/mjqh0o/belajar-sejarah-ah-membosankan
Nurcholif, D. M., Suartama, K., & Yuda, A. I. W. I. (2021). Belajar Sejarah Dengan E-Learning Berbasis Discovery Learning. Mimbar Ilmu, 26(2), 225-232. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI
Pristiandaru, D. L. (2023). Mengenal Tujuan 4 SDGs: Pendidikan Berkualitas. Retrieved, May 24, from https://lestari.kompas.com/read/2023/05/09/080000186/mengenal-tujuan-4-sdgs--pendidikan-berkualitas
Putri, N.E., & Aisiah. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Quizizz di SMA Negeri 2 Padang. Kronologi, 3(4), 336-342.
Rustamana, A. H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Penyelidikan (Discovery Learning) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Abad – 21 Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XII IPS SMA Negeri I Cinangka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Shaleha, P. U., Sumantri, P., Hutauruk, A. F., Chandra, S., & Amalsyah, R. G. (2023). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dengan Pemanfaatan Media Film sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA Negeri 11 Medan. Medan Resource Center, 3(2), 117-124. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1034
Suryani. (2023). Penerapan Metode Sosio Drama Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Peristiwa Sekitar Kemerdekaan Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malinau. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 173-181.
Susilo, A. & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93, http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik.
Tyas, K. K. M. (2018). Penggunaan Novel Sejarah sebagai Sumber Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 85-103. Doi.org/10.21009/JPS.072.05
Copyright (c) 2024 Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.