Menganalisis dampak sistem prasmanan pada kejujuran dan perilaku pelanggan di umkm
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak sistem prasmanan terhadap kejujuran dan perilaku pelanggan di UMKM, khususnya di Geprek Kak Rose, Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam sebagai alat pengumpulan data. Hasil wawancara menunjukkan bahwa sistem prasmanan dianggap memberikan nilai tambah bagi UMKM karena menawarkan pengalaman unik yang tidak umum di restoran lain. Namun, sistem ini juga memiliki risiko terkait kejujuran pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi UMKM lain yang ingin mengadopsi sistem prasmanan dengan mempertimbangkan aspek kejujuran pelanggan dan strategi pengawasan yang tepat.
Kata Kunci : Sistem Prasmanan, Kejujuran Pelanggan, Perilaku Pelanggan, UMKM
References
Aripin, Z., & Negara, M. R. P. (2021). Perilaku bisnis: etika bisnis & perilaku konsumen. Deepublish.
Budiatmanto, A., Sudaryanto, E. A., Murni, S., Riani, A., Cholil, M., Rahmawati, R., & Murniyanto, E. (2021). Pelatihan Manajemen dan Akuntansi Pada UKM Jambu Mete UD SS. Sam Di Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(1), 11-19.
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39-45.
Lamauring, L., & Sarie, R. F. (2023). PENGARUH PRODUK, HARGA, BRAND IMAGE, DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN ULANG PADA AYAM GEPREK MAK JOSS. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Sosial, 1(1), 92-103.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Puspasari, D. (2022). Pengembangan Usaha Melalui Pendampingan Penataan Layout dan Pemasaran Pasca Pandemi di Kedai Seblak Miss Geugeu Purwakarta. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 26-30.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 127-146.
Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 231-240.
Senjaliani, V., & Magdalena, N. (2023). Faktor-faktor Anteseden Loyalitas Pelanggan: Penggunaan Media Sosial, Kepercayaan, dan Risiko Pembelian Pelanggan B2B UMKM. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(1), 23-36.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2022). Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan. Penerbit Andi.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.
Copyright (c) 2024 Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.