Peningkatan kualitas kemasan, branding, dan pemasaran produk wedang jahe umkm toko brahmana berbasis teknologi digital
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengemasan,
branding, dan pemasaran produk UMKM Toko Brahmana di Kota Blitar. Permasalahan
utama yang dihadapi UMKM ini adalah kurangnya daya tarik produk akibat kemasan yang
sederhana, minimnya upaya branding, dan terbatasnya media penjualan yang hanya
mengandalkan WhatsApp. Melalui kegiatan ini, dilakukan pelatihan tentang pembuatan
kemasan yang menarik, pengenalan branding produk, dan pembuatan website untuk
mendukung penjualan secara online. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi
strategi yang diberikan berhasil meningkatkan daya tarik produk dan efisiensi
pengelolaan pesanan. Website yang dibuat mempermudah proses rekapitulasi penjualan,
mengurangi potensi kesalahan pencatatan, dan memperluas jangkauan pasar produk
wedang jahe. Kesadaran mitra terhadap pentingnya teknologi dalam meningkatkan
pemasaran produk juga meningkat secara signifikan.
Kata Kunci : Branding, Online Marketing, Packaging, UMKM, Wedang Jahe
References
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan ECommerce
Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan
Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75-84.
Miller, R. & Johnson, M. (2019). The impact of social media on brand engagement: A
comprehensive study. International Journal of Business and Community, 7(1), 56-78.
Nurdiawan, O., Pratama, F. A., & Rahaningsih, N. (2020). PKM E-Commerce Kampung
Keluarga Berencana Desa Mertasinga Kabupaten Cirebon. Madani: Indonesian
Journal of Civil Society, 2(1), 1-8.
Prayudi, M. A., Suharsono, N., Irwansyah, M. R., & Tripalupi, L. E. (2020). Pelatihan Strategi
Pemasaran E-Commerce Berbasis Media Sosial Untuk Usaha Kecil dan Menengah di
Kecamatan Buleleng.
Purnomo, H., & Wijaya, T. W. (2020). Pelatihan Implementasi E-Commerce untuk
Membuka Peluang Usaha Bagi Masyarakat di Dusun Jetis, Desa Tamantirto. In
Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
Setiawan, A. & Nugroho, B. (2019). Pemasaran digital di era industri 4.0. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Putri, D. M. Y., Sari, R. A. (2021). Peran Digital
Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa
Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita Vol 3 No
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran
Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan
Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Tanjungpura 2019, Vol. 8 , No. 2, 67-76.
Copyright (c) 2024 Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.