Peningkatan kualitas kemasan, branding, dan pemasaran produk wedang jahe umkm toko brahmana berbasis teknologi digital

  • Rieke Adriati Wijayanti Politeknik Negeri Malang
  • Rachmad Saptono Politeknik Negeri Malang
  • M. Syirajuddin Sujai Politeknik Negeri Malang
  • Farida Arinie S. Politeknik Negeri Malang
  • Putri Elfa Mas'udia Politeknik Negeri Malang
  • Ahmad Wilda Yulianto Politeknik Negeri Malang
Keywords: Branding, Online marketing, Packaging, UMKM, Wedang jahe

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengemasan,
branding, dan pemasaran produk UMKM Toko Brahmana di Kota Blitar. Permasalahan
utama yang dihadapi UMKM ini adalah kurangnya daya tarik produk akibat kemasan yang
sederhana, minimnya upaya branding, dan terbatasnya media penjualan yang hanya
mengandalkan WhatsApp. Melalui kegiatan ini, dilakukan pelatihan tentang pembuatan
kemasan yang menarik, pengenalan branding produk, dan pembuatan website untuk
mendukung penjualan secara online. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi
strategi yang diberikan berhasil meningkatkan daya tarik produk dan efisiensi
pengelolaan pesanan. Website yang dibuat mempermudah proses rekapitulasi penjualan,
mengurangi potensi kesalahan pencatatan, dan memperluas jangkauan pasar produk
wedang jahe. Kesadaran mitra terhadap pentingnya teknologi dalam meningkatkan
pemasaran produk juga meningkat secara signifikan.


Kata Kunci : Branding, Online Marketing, Packaging, UMKM, Wedang Jahe

References

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan ECommerce

Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan

Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75-84.

Miller, R. & Johnson, M. (2019). The impact of social media on brand engagement: A

comprehensive study. International Journal of Business and Community, 7(1), 56-78.

Nurdiawan, O., Pratama, F. A., & Rahaningsih, N. (2020). PKM E-Commerce Kampung

Keluarga Berencana Desa Mertasinga Kabupaten Cirebon. Madani: Indonesian

Journal of Civil Society, 2(1), 1-8.

Prayudi, M. A., Suharsono, N., Irwansyah, M. R., & Tripalupi, L. E. (2020). Pelatihan Strategi

Pemasaran E-Commerce Berbasis Media Sosial Untuk Usaha Kecil dan Menengah di

Kecamatan Buleleng.

Purnomo, H., & Wijaya, T. W. (2020). Pelatihan Implementasi E-Commerce untuk

Membuka Peluang Usaha Bagi Masyarakat di Dusun Jetis, Desa Tamantirto. In

Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Setiawan, A. & Nugroho, B. (2019). Pemasaran digital di era industri 4.0. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Putri, D. M. Y., Sari, R. A. (2021). Peran Digital

Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa

Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita Vol 3 No

Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran

Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan

Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Tanjungpura 2019, Vol. 8 , No. 2, 67-76.

Published
2024-12-31
How to Cite
Wijayanti, R. A., Saptono, R., Sujai, M. S., S., F. A., Mas’udia, P. E., & Yulianto, A. W. (2024). Peningkatan kualitas kemasan, branding, dan pemasaran produk wedang jahe umkm toko brahmana berbasis teknologi digital. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 6(2), 77-84. https://doi.org/10.34199/oh.v6i2.212